Bertemu Presiden, Gubernur Banten Laporkan Program Prioritas

llustrasi Presiden Jokowi Dodo dan Gubernur Banten Wahidin Halim. sumber: pelitabanten.com
 Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH), Jumat (27/7) menghadap Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat. Banyak hal yang dibicarakan salah satunya progres pelaksanaan kesehatan gratis yang telah diintegrasikan dengan BPJS.
Tenaga Ahli Gubernur Banten Bidang Media dan Public Relation WH, Ikhsan Ahmad mengungkapkan, banyak hal yang disampaikan orang nomor satu di Banten kepada Jokowi pada pertemuan pagi di Istana Bogor tersebut.

“Terutama perencanaan dan pelaksanaan program-program unggulan yang digagas Pemprov Banten, di antaranya program kesehatan gratis yang sudah diintegrasikan dengan program BPJS, dan saat ini sedang dilakukan pendataan warga miskin untuk dibayarkan premi asuransinya setiap bulan,” katanya.

Selain soal kesehatan gratis, WH juga melaporkan pendidikan gratis yang digagas dalam wajib belajar 12 tahun, meliputi SMAN dan SMKN.

“Program pendidikan juga disampaikan, termasuk pembangunan infrastruktur jalan,” imbuhnya.

Apalagi kata Ikhsan, untuk jalan yang juga menjadi program unggulan pemerintah pusat, yakni pembangunan infrastruktur, secara spesifikasi dukungan anggaran baik dari APBD maupun pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) sangat mendukung.

“Meliputi anggaran pembangunan jalan 2018, untuk wilayah utara sebesar Rp 272.670.000.000 atau panjang 37.47 KM, sedangkan wilayah selatan disediakan anggaran Rp 308.500.000.000 atau 48.93 KM. Pagu DAK sebesar Rp 20.157.818.000 atau 3 KM dengan total anggaran Rp 601.327.818.000 atau 89.40 KM,” ungkapnya.

Jalan-jalan tersebut terdiri dari pembangunan ruas Jalan Tanjun Lesung-Sumur dengan nilai Rp 25.500.723.000 atau 5.71 KM, pembangunan ruas Jalan Cipanas-Warung Banten 5.72 KM sebesar Rp 27.074.961.000. Perbaikan ruas jalan Maja-Koleang 6,5KM senilai Rp 27.840.697.000 dan pelebaran jalan existing Mengger-Mandalawangi 7 KM sebesar Rp 24.704.385.100.

“Bapak gubernur juga menyampaikan ke Bapak Presiden, progres mengenai pembenahan Banten Lama sebagai icon Provinsi Banten yang tengah dipersiapkan menjadi icon dunia,” paparnya.

WH melalui Ikhsan Ahmad mengungkapkan, Jokowi memberikan apresiasi atas program-program yang sudah dilaksanakan oleh Pemprov Banten.

“Bapak presiden sendiri menanggapi positif dan mengapresiasi program unggulan yang digagas Pemprov Banten serta perkembangan pembangunan yang disampaikan Pak WH, mulai dari pendidikan gratis, kesehatan gratis, pembangunan infrastruktur jalan dan pembenahan Banten Lama,” ungkapnya.

Usai bertemu dengan Jokowi, WH kemudian langsung menginstruksikan kepada jajaranya agar tetap konsen bekerja dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Setelah selesai menyampaikan laporan kepada Bapak Presiden, Bapak Gubernur menyampaikan pesan agar kepala OPD semakin fokus bekerja sesuai dengan mekanisme yang benar agar pelayanan kepada masyarakat dan penyelenggaraan program pembangunan yang dilakukan lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here