- Advertisement -
32 C
Banten
Home PRESFEKTIF Inilah Sosok Gubernur Hebat di Indonesia

Inilah Sosok Gubernur Hebat di Indonesia

- Advertisement -

Virus Corona (Covid -19)

Epicentrum wabah virus corona di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, ketiga daerah tersebut merupakan angka tertinggi covid – 19. Daerah ini bertetangga dengan mobilitas yang tinggi baik dari sisi bisnis, pemerintahan dan urbanisasi sehingga ketiga daerah ini masuk kategori wabah corona paling tinggi.

Gerak semangat kepala daerah yaitu Gubernur terus melakukan upaya penanganan dan pencegahan covid -19 agar tidak mewabah secara extrem.

Sebut saja Gubernur Banten Wahidin Halim yang saat ini menjadi sosok yang heroix dalam urusan memberikan pelayanan terbaik pada rakyatnya. Ada beberapa catatan yang saya rangkum mengenai penanganan virus corona (covid-19) di Provinsi Banten. Diantaranya :

22 Februari 2020 : Gubernur Banten Fasilitasi Kepulangan Pelajar Asal Banten dari China

Kita tahu bahwa sekitar bulan feburari 2020 China lagi hebat-hebatnya diserang virus corona. Dan ada sekitar 7 mahasiswa asal Banten dibelikan tiket kepulangan oleh Gubernur Banten dan mereka pulang ke Banten dengan selamat dan sehat.

1 Maret 2020: Preventif dan Responsifnya Gubernur Ditunjukan Melalui Langkah sebagai berikut:_

  • Gubenur Banten menyampaikan edaran kepada seluruh pemerintah daerah dan rumah sakit serta puskesmas yang ada di Banten untuk waspada dan siaga.
  • Gubernur Banten memfasilitasi kepulangan mahasiswa asal Banten yang kuliah di Cina dengan membelikan tiket pesawat.
  • Gubernur Banten mengumunkan bahwa RSUD Banten telah menyediakan ruang isolasi pasien virus corona.
  • Gubernur Banten tenangkan warganya agar tidak panik dan tetap jaga kesehatan.

3 Maret 2020 Gubernur Banten rapat bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kab/Kota

Penguatan penanganan corona Gubernur rapat bersama para dokter, rumah sakit dan kepala dinas kesehatan Kab/Kota.

12 Maret 2020 Gubernur WH Umumkan 4 Warga Banten Terkena “Corona”, Kemenkes “Kebakaran Jenggot”

Dinas Kesehatan Provinsi Banten telah memiliki data sebanyak 4 warga Banten dinyatakan positif corona setelah melakukan bepergian dan pulang dari Malaysia. Dalam himbuan yang dipublish melalui video yang berdurasi 2 menit tersebut telah viral dan ditonton banyak orang, video pengumuman tersebut mendapat tanggapan dari Kementerian Kesehatan RI, melalui Juru Bicaranya mempertanyakan data yang diumumkan Gubernur WH darimana, kemudian Kemenkes juga akan melaporkan Gubernur WH kepada Mendagri karena dianggap Kepala Daerah tidak diberikan amanat untuk mengumumkan soal virus corona.

Menanggapi hal tersebut ada beberapa catatan analisa terkait Jubir Kemenkes yang kebakaran jenggot atas tindakan Gubernur Banten dalam mengumumkan virus corona. Berikut catatannya :

  • Pada sisi lain, perkembangan ketatanegaraan bergeser dari sentralisasi menuju desentralisasi, dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah. Undang-Undang tersebut memuat ketentuan yang menyatakan bahwa bidang kesehatan sepenuhnya diserahkan kepada daerah masing-masing yang setiap daerah diberi kewenangan untuk mengelola dan menyelenggarakan seluruh aspek kesehatan.
  • Menurut undang-undang
    Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, sebagaimana yang dijelaskan dalam Pasal 155 ayat 1 yang menyatakan bahwa “Pemerintah daerah secara berkala menetapkan dan mengumumkan jenis dan persebaran penyakit yang berpotensi menular dan/atau menyebar dalam waktu yang singkat, serta menyebutkan daerah yang dapat menjadi sumber penularan.”
  • Tidak ada aturan yang mengikat baik itu dari Presiden,Mendagri ataupun dari Menkes mengenai larangan Kepala Daerah mengumumkan virus corona

Maka dapat disimpulkan bahwa menurut Undang-undang dan aturan yang berlaku bahwa Gubernur Banten tidak bisa dinyatakan bersalah dalam mengumumkan 4 warga Banten yang terkena virus corona. (Satu hari kemudian gubernur lain ramai2 mengumumkan didaerahnya masing2 masing dan pusat akhirnya pusat membolehkan daerah mengumumkan)

16 Maret 2020 Gubernur Banten rapat bersama Bupati/ Walikota, DPRD, Kapolda Danrem Membahas penguatan penanganan covid -19 bersama unsur forum koordinasi pimpinan daerah.

16 Maret 2020 Sekolah belajar di rumah dan Para Guru dan Kepala Sekolah beserta unsur terkait dengan sistem daring/online (dan diperpanjang hingga 1 Juni 2020).

19 Maret 2020 Wahidin Halim dapat restu realokasi anggaran untuk corona dari Mendagri

Gubernur Banten langsung menggeser anggaran yg tidak penting dan direalokasi untuk penanganan dan pencegahan Covid – 19 sekitar 100 miliar.

22 Maret 2020 Gubernur Banten Intruksikan BPBD dan dinas terkait lakukan penyemprotan Disinfektan hingga pelosik kampung

25 Maret 2020 Wahidin Halim Dirikan Rumah Sakit Khusus Corona dan Insentif Tenaga Medis Sangat Besar

Kita tahu rumah sakit khusus corona saat ini yaitu RS Persahabatan dan RS Sulianti Saroso itu adalah milik pemerintah pusat. Dan RSUD Banten jadi rumah sakit khusus corona itu adalah milik Provinsi Banten. Jadi hanya Wahidin Halimlah satu-satunya Gubernur yang mendirikan rumah sakit khusus pasien corona di daerah dengan fasilitas 250 bed.

26 Maret 2020 Pemprov Banten dapat bantuan alat rapid test sebanyak 3600 alat dari Pusat, dan dapat tambahan sebanyak sekitar 12 ribu alat rapid test

Karena terbatas maka alat test massal ini diprioritaskan untuk mereka ODP (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan) orang yang terkonfirmasi positif dan paramedis. Maka rapid test tidak untuk 12 juta penduduk Banten secara keseluruhan.

Simpulan Catatan :

Gubernur Banten Wahidin Halim terus bergerak dalam penanganan dan pencegahan covid – 19. Belanja beli alat pelindung diri termasuk rapid test ditengah kesulitan mendapatkan alat2 tersebut.

Wahidin Halim semangat memberikan pelayanan yang terbaik untuk rakyatnya. Sosok sederhana dan merakyat itulah Wahidin Halim walau tanpa pemberitaan tapi kemahiran dalam memimpin tidak diragukan lagi. Tidak ada kebijakan yang paradoks yang dilakukan Wahidin sampai saat ini, karena banyak bukti prestasi yang sudah dirasakan manfaatnya.

Selain itu, Wahidin Halim juga telah menggratiskan pendidikan SMA, SMK dan SKH Negeri sesuai kewenangan provinsi (Provinsi Banten lebih awal menggratiskan dibanding Jabar dan Jatim). Kesehatan gratis juga telah realisasi walaupun sempat ada larangan dari pusat tapi pakai warga Banten yg tidak mampu iuran BPJSnya ditanggung pemprov Banten. Infrastruktur jalan mulus-mulus, jalan berstatus jalan provinsi sudah mulus2, kalau jalan kabupaten rusak itu kewenangan bupati, jalan nasional itu kewenangan presiden. Kemiskinan Bantenpun terendah ke enam se Indonesia, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Banten diatas rata2 nasional peringkat 8 se Indonesia. Soal pengangguran Banten terus menurun tiap tahunnya, kalau angka masih tinggi mungkin karena Banten diburu pencari kerja dari luar daerah.

Banyak penghargaan yang ditorehkannya salah satunya yaitu Provinsi Banten masuk 3 besar sebagai daerah terendah tingkat korupsi di Indonesia dari KPK RI tanggal 9/12/2020 (dulu terburuk kini terbaik) sejarah mencatat era WH eranya pembangunan. Wahidin Halim Pernah Berkata :
“Saya Wakafkan Diri Saya Untuk Rakyat Banten”

Terima Kasih Bapak Pembangunan Banten.

Salam Hormat dari Saya.
Lebak, 4 April 2020

By : Catatan Si Abay (Anak Bayah)

- Advertisement -
Urya Suryanahttp://suryavision2020.com
Menyesal telah mengenal dia.....
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -

Ingin Dorong Kontribusi Nyata Pemuda Banten, Achmad Sauqi Siap Jadi Calon Ketua KNPI

www.bantenreview.com - Tangerang. Meski perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) DPD KNPI Banten akan di gelar tahun depan, namun sejumlah nama mulai mencuat...

Positif Covid, Jazuli Abdillah Miliki “Imun Kuat”

www.bantenreview.com. Ahmad Jazuli Abdillah, anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Demokrat dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan pengecekan...

Banyak Kemajuan Yang Dicapai, WH Janji Tak Akan Tinggalkan Partai Demokrat

www.bantenreview.com. Serang – Ketua Majelis Partai Daerah (MPD) Demokrat Banten, Wahidin Halim menyampaikan orasi virtual dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai...

Related News

Ingin Dorong Kontribusi Nyata Pemuda Banten, Achmad Sauqi Siap Jadi Calon Ketua KNPI

www.bantenreview.com - Tangerang. Meski perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) DPD KNPI Banten akan di gelar tahun depan, namun sejumlah nama mulai mencuat...

Positif Covid, Jazuli Abdillah Miliki “Imun Kuat”

www.bantenreview.com. Ahmad Jazuli Abdillah, anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Demokrat dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan pengecekan...

Banyak Kemajuan Yang Dicapai, WH Janji Tak Akan Tinggalkan Partai Demokrat

www.bantenreview.com. Serang – Ketua Majelis Partai Daerah (MPD) Demokrat Banten, Wahidin Halim menyampaikan orasi virtual dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai...

Mebanggakan! Pelajar Asal Lebak Raih Medali Emas IFST 2020 di Tunisia

www.bantenreview.com - Lebak. Alya Difa Febrianti, SMA Labschool UPI Bandung kelahiran Kampung Baros, Desa Kadu Agung Barat, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak meraih...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here